Tuesday, August 26, 2008

Kerja? ... KERJA!

Chris J McCandless alias Alexander Supertramp pernah mengatakan bahwa karir adalah temuan baru di abad 20 ~ Into the wild by Jon Krakauer. Pemikiran yang sungguh-sungguh benar dan bisa mengoyak tatanan masyarakat mapan. Individu dewasa dituntut menjadi produktif dan menghasilkan lembaran-lembaran uang untuk memutar sistem kemapanan di masyarakat. Masyarakat madani? Entahlah aku sendiri tidak paham definisinya.

Bagiku bekerja adalah aktualisasi diri. Pengakuan terhadap diri ini sebagai individu yang punya arti di masyarakat. Ada pencapaian-pencapaian yang tidak bisa dinilai hanya dari rupiah yang kita hasilkan. Walaupun aku juga tidak sanggup untuk bekerja 9 to 5 dan melakukan hal-hal rutin, tapi aku juga tidak sanggup untuk bekerja sepenuhnya tanpa karir, seperti dilakukan oleh sekelompok kecil teman-temanku di klub alternatif yang turut kudirikan.

Pada akhirnya aku punya mimpi-mimpi dan ambisi yang masih berkait dengan pencapaian dalam keuangan dan dalam kenyamanan yang bisa aku nikmati. Sedangkan temanku mengatakan dia melacurkan diri saat memutuskan mengambil kerja temporer di salah satu instansi pemerintahan. Ah, inilah kami, salah satu bagian dari generasi yang ditempa oleh alam liar dan masyarakat adat yang menguasainya.

Jadi tidak ada yang salah dari pilihan kerja kita. Tergantung dimana passion kita dalam menetapkan pencapaiannya. Gajikah? Sekedar menjadi produktif saja? Membantu mengubah mereka yang termarjinalkan? Pencapaian individu? menumpuk kekayaan yang tidak akan habis dimakan 7 turunan? Penemuan baru? hanya diri ini yang bisa menjawabnya.

No comments: