Thursday, December 25, 2008

Anti Make-up

Aku jarang banget pake make-up. Pengecatan muka secara profesional hanya terjadi di saat2 perpisahan sekolah atau wisuda saja, n udah lama banget tuh. Jaman dahulu kala ~ heuheuheu, fakultasku keukeuh menetapkan foto dalam ijazah kudu pakai pakaian nasional~ alias ala ibu Suharti, serasa jadi ayam goreng dah. Sialan, benar-benar diskriminasi gender tuh, karena mahasiswanya hanya disyaratkan untuk memakai jas saja. Saat itu Fotografernya sempat merayuku untuk membuat foto warna, mumpung lagi cantik katanya (biasa lah jualan gitu) ~ huh, jadi kalau pakai cat baru dikatakan cantik!~ yg otomatis aku tolak mentah2, cukup foto gaya ibu Suharti black and white wae.

Alasan aku anti make-up bukan karena daku bingung gender seperti yg dituduhkan banyak orang ~ sering banget dibilangin ga jelas jenis kelaminnya apa (duh ... kagak pada ngerti dengan model Androginis ya?)~ tapi karena aku alergi dengan segala cat muka itu! Ada yg lebih ga sopan lagi dengan mengatakan aku pahe dalam perawatan muka, sial... usahaku ga dianggap banget sih.

Sebenernya waktu jadi abg yg rajin langganan Gadis, aku udah tertarik dengan perawatan wajah n body. Jadi wajar aja saat masuk kuliah coba2 pake foundation. Sayang, hasilnya berbanding terbalik dengan harapan. Jerawatan bok, karena punya jenis kulit yg gampang keringetan, pemakaian dempul muka itu sukses menyumbat pori2. 

Bencana lain berkaitan dengan semua penghias mata: eyeliner, mascara n eye shadow. Bahkan tidak ada profesional yg sanggup mengaplikasikan eyeliner di mataku. Tiap kali pinsil digoreskan, tiap kali mataku kegelian dan berkedip-kedip plus banjir air mata. Huahahaha, si Mbak-nya sampai bilang "tahan, jangan kedip2". Ga bisa mbak, refleks tau. Akhirnya dia menyerah dan memutuskan untuk tidak mengaplikasikan eyeliner di mataku. Aplikasi mascara sama aja hebohnya, tiap kali sikatnya nyentuh bulu mata, mataku langsung kedip2 genit, gyahahaha, seharusnya kan ga ada saraf di bulu mata tuh - kok bisa terasa geli banget ya. Ditambah lagi mataku akan terasa pedes2 gitu, ga peduli maskaranya merek murah atau branded. Sedangkan eye shadow tidak menimbulkan kedip2, cukup bentol2 beberapa saat setelah diaplikasikan. 

Karena terjadinya berkali2, aku memutuskan hubungan dengan make-up. Tampil polos dengan warna alamiku sajah. Kadang2 sih pake lipstick, klo lagi mood. 

Tapi wajah mulusku bukan tanpa usaha dong. Perawatan ekstra biar kulit tetap terlihat sehat dan cantik tanpa make up untuk menutupi kekurangan. Kenalan2ku sering bilang, "enak ya, ga ada jerawat." Bok, 2 kali cuci muka dengan sabun khusus pagi dan malam, plus toner and moisturizer, plus antioksidan n sunblock, dan finishing touch lose powder gitu. Kalau malam ditambah dengan night cream and seminggu sekali dipeeling. Gila aje lo, usaha n modal duit juga. Secara muka yg belagu ini ogah kalau pakai perawatan dari mustika ratu atau sari ayu. Bahkan untuk tampil natural pun membutuhkan biaya, kalau nggak premature aging lah. Kalau udah terjadi premature aging, susah untuk memulihkannya, karena ga ada tukang sihir lagi yg hidup di abad ini. Walhasil ga ada yg bisa nebak umurku dengan tepat kalau hanya melihat tampangku doang, orang indonesia aja ga bisa apalagi bule. 

Resiko lainnya dengan bejibun peralatan lenong itu, bawaanku untuk bermalam 2 hari sama beratnya dengan bawaan selama seminggu. Nyengir aja klo ada yg ngoceh "banyak banget sih bawaannya". And ngikik waktu melihat muka2 bengong saat aku mulai ritual pagiku. Biasanya setelah itu mereka sadar-sesadar sadarnya bahwa aku ga bingung gender. Hahahaha, sial...!

No comments: