Wednesday, February 18, 2009

Setrikaan Ayam

Setelah menderita flu 2 minggu lebih (curiga sinusitis malah), saraf penciumanku merosot tajam kemampuannya. Nyaris ga bisa mencium bau apa2, gila deh, makanan ga ada yg kerasa enak lagi, semuanya hambar. N ga tau kenapa, dalam 2 hari ini aku kok ngebayangin bau bara arang untuk nyetrika pake setrikaan ayam jaman dulu kala, yg beratnya entah berapa kilo itu. Terbuat dari baja yg klo nimpa kaki bisa bikin fraktur tulang2, supaya panas diisi dengan bara dari arang.

Yeah, masih ngalamin tuh nyetrika gaya lama, keringetan plus tangan yg pegel2. Paling lucu klo arangnya udah ampir habis, mesti ditambah trus dikipasin kayak tukang sate. Atau kalau baranya jadi abu juga mesti dikipasin dulu, klo ga mau baju belepotan abu dan jadi kotor lagi. Saking repotinnya ga bisa tuh klo mau sekolah nyetrika dulu, itu kerjaan hari minggu. Padahal setrikaan listrik juga ada, tapi kayaknya masih mantep pake setrikaan lama. 

Tapi berhubung kegiatan makin banyak, waktu yg makin ga ada (ABG juga repot bagi waktu lho), akupun beralih ke setrikaan listrik. Klo pagi2 mau sekolah nyetrika dulu juga masih bisa. Dan rasanya sudah lama sekali setrikaan itu hilang, hanya bisa ditemukan di toko2 suvenir kali, demikian juga dengan arang yg sudah makin sedikit aja penjualnya.

Huh, ternyata aku udah tua, padahal serasa baru kemarin aja masih di SMP

No comments: