Monday, November 17, 2008

Mau sehat aja susah

olahraga apa yag murah meriah muntah? pasti lari jawabannya. Tapi aku paling ga kuat dengan lari. Kalau jalan/hiking sih okeh2 aja, tapi angkat tangan untuk lari apalagi yg jarak jauh. Entah salah tehnik atau salah nafas, kalau lari paru2ku akan terasa terbakar dan aliran darah ke otak kurang yg bikin mata berkunang-kunang, paling parahnya akan diakhiri dengan muntah2. Makanya paling benci kalau disuruh lari.

Berbeda dengan jalan, kakiku cukup kuat untuk diajak jalan kemana aja, sejauh apapun juga asal pakai sepatu jalan yang nyaman. Untuk sekedar membuang energi aku lebih senang melakukan jalan cepat, lumayan kok energi yang dibakarnya hampir sama dengan energi yg dipakai lari. Bahkan dgn faktor U sekarang aku masih mampu naik tangga sampai tingkat 3 tanpa berhenti atau ngosngosan. Baru nyerah kalau harus meneruskan sampai ke tingkat 4.

Tapi yg paling menyenangkan untukku adalah yoga/pilates/aerobik dan renang. Berhubung ga PD untuk olah tubuh tanpa pelatih, maka olahraga favoritku tanpa pelatih adalah renang. Sejak kecil aku ga ada takut2nya untuk masuk air, padahal sih ga jago2 amat berenangnya. Lucunya, semakin lama aku jadi semakin mahir berenang. Dulu2nya sih suka disergap panik kalau ada di tempat yang dalam, takut ga kuat napas di tengah2, weks bisa kelelep aye. Tapi sekarang udah PD. Caranya nyemplung di tempat dalam dan berenang ke tempat yg lebih dangkal, atau berenangnya di pinggir kolam aja, jadi klo udah ga kuat napas bisa menepi, hihihi....

Di jakarta sih kolam renang banyak jenisnya, dari yg murah sampai yg mahal, tinggal dipilih. Tapi di tempatku sekarang hanya ada 2 pilihan, berenang di kolam hotel berbintang yg tarif masuknya 75ribu atau berenang di laut, gratis, tinggal punya nyali aja. Berhubung nyaliku kecil, maka aku lebih rela dompetku menipis. Hhhh... mau sehat aja kok susah ya?

No comments: