Wednesday, April 28, 2010

Karakteristik Bos dan Anak buah

1. Memberi masukan

Boss: menyuruh orang lain memberi input, jika hasilnya bagus diedit sedikit disajikan sebagai hasil pemikiran sendiri. Kemudian tepuk2 kepala orang itu seperti memberi pujian pada hewan kesayangan, "Good boy!" or "Good girl!"

Anak buah: menganalisa dan membuat tulisan seperti essay dalam waktu sesingkat-singkatnya, dikirim ke boss dan menunggu tepukan puas boss di kepala. Kadang-kadang membuat sedikit jebakan untuk melihat apakah boss melakukan edit didalam essay itu.

2. Kunjungan lapangan

Boss: menyerahkan semua bagasi untuk diurus orang lain, sampai di tempat tujuan menerima bagasi utuh tanpa harus ngantri atau geret-geret koper yang berat itu

Anak buah: pontang-panting ngurus bagasi orang, jangan sampai hilang atau tergores. Kalau boss lupa ambil bagasinya, anak buah yang harus menemukan bagasi itu.

3. Kontrak kerja

Boss: saya sudah berusaha keras agar kontrak saudara bisa diperpanjang, tetapi management berkata lain (suara hati boss: kan repot kalau saya harus ngajarin ulang rule kantor pada anak buah baru)

Anak buah: ga usah kuatir boss, kami paham kok dengan kerja berdasar kontrak. (mata langsung lirik-lirik email di mailing list, sapa tau ada posisi yang lebih menguntungkan)

dll...dlll

bukan tak berterimakasih pada boss, tapi pengen juga nih ngerasain jadi boss. Sayangnya saya terlalu mudah membaca perubahan raut wajah orang, dan suka ga nyaman saja kalau membuat orang tidak nyaman. Ga berbakat jadi boss deh.

No comments: