Thursday, June 18, 2009

Jakarta Surga Belanja

Bulan Juni telah tiba, ada 2 event penting untuk shoppacholic: Singapore Great Sale dan HUT Jakarta (yg dirayakan juga dengan pesta diskon). 2 event ini bisa dipastikan akan membuat shoppacholic menggila dengan iming2 diskon di banyak barang branded yang membuat prioritas kebutuhan menjadi kabur tingkatannya.

Tentunya sebagian barang yg menjadi must item itu sebenarnya ga perlu2 amatlah. Masih ada berbagai jenis barang yang sama dengan harga yang masih rasional. Tetapi siapa yg tidak gelap mata untuk memiliki barang dengan harga 30% dari harga original. Mungkin mirip dengan perasaan seorang penambang berlian yg sudah banyak menggali tanpa hasil tiba-tiba ketemu dengan sebiji berlian. Biarpun ada yg mengkritisi sebagai tidak peka terhadap saudara yg rawan ekonominya, tetapi saya yakin tetap banyak yg mengejar diskonan sampai negri tumasik.

Sifat konsumtif sebagian besar rakyat Indonesia gol ekonomi menengah - gol mampu bin kaya raya dikipasi pula oleh terbitan majalah2 fashion internasional dalam edisi bahasa Indonesia. Majalah2 dengan harga jual 50ribu keatas yg isinya foto2 barang yang ada di mall2 papan atas jakarta laku keras bahkan sampai ke kota kecil mungil yg tidak punya toko buku yg representatif ini. Saya juga salah satu pembelinya walaupun tidak berlangganan. Namanya juga perempuan, selalu senang kalau sudah melihat deretan tas branded yang keren abis, mencari inspirasi model baju dan sepatu terkini, atau info segala cream2 perawatan wajah dan tubuh.

Faktanya banyak orang yg hidup dari kerakusan mata perempuan terhadap barang2 branded. Beruntunglah saya yg berada ribuan kilo dari Jakarta. Nafsu untuk berfoya-foya itu teredam sedikit. Kita tidak akan kehilangan sesuatu yg tidak kita miliki bukan? Jadi ijinkanlah saya sesekali menengok majalah fashion high class dan browsing beberapa branded di internet untuk sekedar cuci mata.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: