Saturday, November 20, 2010

Pekerjaan Rumah

Saat lebaran banyak perempuan Indonesia yang merasa turun kasta karena harus melakukan tugas-tugas rumah tangga akibat mudiknya si mbak. Beberapa teman kadang memandang heran kalau saya bilang ga punya pembantu. Ada juga yang suka memandang iba kalau tahu saya nyuci baju sendiri pake tangan. Sebetulnya sih bisa beli mesin cuci, hanya saja tempat kerja saya yang selalu pindah-pindah setiap 2-3 tahun membuat saya malas untuk beli mesin cuci kalau sedang live in di daerah. Sedangkan memasukan pakaian ke laundri suka memancing paranoia saya, kurang bersihlah, kancing copotlah, baju cepet rusaklah.

Walaupun saya melakukan pekerjaan rumah tangga sendirian, bukan berarti saya cinta sama pekerjaan rumah. Beuu jauh banget dari itu. Dari kecil-remaja-dewasa, kebiasaan buruk saya ngeberantakin kamar ga pernah bisa diperbaiki. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Walaupun belum nyampe tingkat separah Nodame sih, yang kamarnya udah jadi gunung sampah... hihihihi. Kenapa bisa terjadi seperti itu? Sulit menjelaskannya. Bahkan meja kerja saya pun ga kehilangan personal touch untuk terlihat berantakan seperti meja di kantor lurah atau kantor camat. (Maaph...bawa-bawa kantor lurah dan camat, supaya mudah membayangkannya saja).

Diantara semua pekerjaan rumah tangga, ngepel adalah pekerjaan yang paling saya benci di Indonesia, apalagi melakukannya di Ternate. Soalnya baru gosek-gosek dikit aja saya udah banjir keringet, sampai rambut pun kayak habis disiram air. Padahal rambut saya relatif tebal lho, tapi saya memang mudah banget keringetan. Dan selama 2 tahun ini saya bebas dari ngepel.. huwaa... senengnya... apartment saya dibangun oleh kayu, trus dipasangi karpet. Hanya perlu divacuum doang 2 minggu sekali... ahahahaha... dan sama sekali tidak membuat saya keringetan.

Hal kedua yang saya benci adalah membilas cucian, karena bikin punggung dan pinggang copot. Faktor yang paling menyenangkan dari apartment saya adalah tersedianya mesin cuci dan pengering di setiap unit. Saya biasa nyuci seminggu sekali, kalau tiap hari suka boros listrik, ogah bayar mahal.

Yang ketiga adalah nyetrika, saya punya kebiasaan untuk nyetrika baju yang mau dipakai hari itu aja. Tapi kalau lagi ga punya kerjaan, nyetrika masih saya jabanin. Apalagi dibanding ngepel dan bilas cucian. Tapii.... jarang-jarang banget tuh ada keinginan untuk nyetrika... Alasan saya "ntar juga runyek lagi, sekalian aja ga usah disetrika", Hihihi... pertamanya sih bikin shock ibu saya, tapi kemudian dia malah ngikut cara saya...rupanya bakat malas itu turunan dari ibu.

Hari ini saya baru aja nonton serial terbaru JGS dan MGY, Mary Stayed Out All Night episode 4. JGS masih memainkan karakter yang mirip dengan Tae Kyung di serial You're Beautiful, tapi efek gloomynya lebih dalam. Beda dengan You're Beautiful yang ceria, series ini lebih ditujukan untuk penonton yang lebih dewasa. Ga tau apa ABG akan terpikat dengan jalan ceritanya. Saya sih lebih suka cerita ini karena terasa lebih natural, lebih dekat dengan kehidupan penonton, JGS aktingnya OK, tapi saya sedikit kecewa dengan MGY, ga seperti biasanya - ga sebagus aktingnya di Painter of the Wind, yang natural dan emosinya main. Kali ini MGY kayaknya maksa banget supaya keliatan imut, aktingnya penuh perhitungan. Saya malah lebih suka aktingnya pemeran Seun Jung (?) yang memerankan karakter aktris pacar lamanya Moon-Kyul (JGS). Gpp lah masih terhibur dengan aktingnya JGS dan suaranya...

No comments: