Wednesday, September 21, 2011

Dari kaset ke CD, dari radio ke laptop

Minggu lalu tiba-tiba saya merasa bosan dengan koleksi lagu yang ada di library iTune. Ingin mendengarkan sesuatu yang familiar tapi belum ada di iTune. Dan saya teringat dengan soundtracknya Ally McBeal yang dibawakan oleh Vonda Shepard. Dulu saking sukanya saya dengan soundtrack ini sampai beli kasetnya dengan uang saku saya yang cekak, maklum baru lulus. Tidak beli CDnya, selain mahal juga tidak punya playernya.
Sejak lulus itu yang saya bawa kemana-mana adalah radio tape Sony dan walkman tentunya. Selain tidak berat juga karena sejak SMP saya selalu harus tidur didampingi walkman atau radio. Jadi kasetlah yang saya koleksi. Setelah jaman berganti ke internet dan mp3 player, kaset-kaset saya mulai terlupakan, seperti kisah Puff, the magic dragon yang terlupakan saat Jack beranjak dewasa. Modal saya adalah laptop.

Saya teringat saat pertama kali membeli laptop, saat itu orang-orang masih bermain dengan desktop. Laptop masih dianggap barang mewah, di kantor sendiri hanya posisi tertentu yang mendapat inventaris laptop. Saya yang paling pantang memakai barang inventaris kantor untuk keperluan pribadi, mati-matian menabung untuk bisa beli laptop pribadi. Begitu punya laptop sendiri, mulailah saya meminjam CD kemana-mana untuk dicopy ke laptop, belum mampu membeli sendiri sih,  juga paranoid dengan CD bajakan, karena terbukti sering merusak player. Jadi koleksi lagu saya terbatas. Saat saya sudah mampu beli CD, toko CD banyak yang bangkrut atau tutup. Sehingga koleksi CD tetap terbatas.

Pilihan untuk download lagu dari internet, entah kenapa juga kurang saya sukai. Terlalu berisiko mendapatkan virus dari download lagu dan [tanpa bermaksud menjadi moralis] juga melanggar hak cipta orang.

Dan mendapatkan kesempatan tinggal sementara di US membuat koleksi iTune saya menjadi semakin kaya. Saya jadi rajin hunting CD lama yang menjadi favorit saya dari Amazon. Belinya yang second hand saja, ongkos kirimnya malah lebih mahal dari CDnya. Dan belakangan sejak Amazon juga menjual lagu digital saya dengan senang hati mendownloadnya dari sana.

Soundtrack Ally McBeal adalah salah satu favorit saya. Karena hanya punya kasetnya saya berniat untuk beli CDnya. Tentu saja karena terbitan lama, jarang yang jual CD baru. Dan secondhandnya hanya $2-an. Langsung order, minta kiriman standard supaya bebas ongkos kirim. Biar namanya second hand, kualitasnya masih seperti baru saja.

Dan lewat tanggal 28 September, saya punya penantian lain, first edition TONE, album barunya Tohoshinki/DBSK/THSK/TVXQ...hihihi...










No comments: