Thursday, December 16, 2010

Ayam Ungkep

Pengen makan ayam goreng tapi ogah dengan resep belibet atau yang pakai tepung. Mikir---Mikir---, yang paling gampang kayaknya ayam goreng ungkep. Maksudnya diungkep dulu, terus digoreng. Selain simpel cara masaknya juga dijamin matang sampai dalam. Problem dengan potongan berukuran besar adalah suka ga matang didalam. Yaiks, bau amis dan jijik aja melihat lelehan darah merahnya. Serasa jadi vampir.

Terus menggali ingatan masa lalu tentang proses mengungkep ayam. Kayaknya hanya pakai asam jawa dan garam aja deh.Tapi ga gampang nyari asam jawa disini, cara lain adalah pakai cuka, tapi idem dito kagak tersedia juga. Dan taraaa... ada jeruk nipis. OK... jadi deh ngungkep ayam, ada ide, kayaknya kalau dikasih bawang bombay dan butter bakalan lebih enak rasanya.

Caranya, ayam dibalur dengan perasan jeruk nipis dan garam, biarkan 15 menit supaya meresap. Panaskan minyak goreng dan butter, tumis bawang bombay sampai bening, terus masukan ayam dan sisa rendaman, tambah air dan garam (kalau kurang asin). Masak sampai air menyusut atau ayam matang. Setelah matang goreng ayam dan sajikan dengan sambal (terserah selera masing-masing). Biarpun minimalis tapi rasanya ok juga kok.

No comments: