Saturday, February 20, 2010

Konsumen yang bijak

Tidak tahu apa penyebabnya, pemasangan kawat gigi menjadi trend yang berlaku sampai sekarang. Banyak sekali orang yang memakainya tanpa indikasi. Padahal harga pemasangannya tidaklah murah-murah amat. Memang perawatan kosmetis untuk bagian tubuh apapun selalu mendatangkan uang. Kasian juga dokter gigi kalau kawat gigi ga laku

Yang paling lucu dari kawat gigi ini fungsinya berubah bukan lagi menjadi bagian untuk meningkatkan penampilan gigi, tapi kawat giginya sendiri menjadi bagian penampilan. sebelas-duabelaslah dengan orang yang maksa2in kredit BB dan ikut FB hanya untuk sekedar dibilang tidak ketinggalan jaman. Dalam kasus-kasus ini nilai dari ownership jadi lebih tinggi dari fungsinya.

Itulah pasar indonesia yang selalu mudah mengekor apa yang dimiliki orang lain tanpa memperhatikan kebutuhan. Dulu ada istilah sarkastik untuk hal ini yaitu KOR-MOD aka korban mode. Dan para pengusaha di seluruh dunia ngiler dengan besarnya pangsa pasar indonesia, dimana produk yang tepat akan menjanjikan keuntungan besar.

Samalah dengan kawat gigi ini, rasanya setelah kawat gigi populer, klinik-klinik gigi estetis menjadi semakin menjamur di Indonesia. Kesimpulannya apakah kita akan menjadi konsumen yang bijak atau sekedar mengikuti mode saja?

No comments: