Tuesday, May 24, 2011

Monster

Hitam, kelam dengan tangan-tangan seperti gurita berusaha menenggelamkan diri saya ke dalam lubang tidak berdasar. Monster yang saya takuti yang kedatangannya tidak pernah terduga. Monster itu bernama depresi.

Serangan depresi selalu tidak terduga dan tidak disangka, karenanya saya berusaha mengenali tanda-tandanya. Masih beruntung karena selama ini saya masih sanggup keluar dari jeratannya. Belum membutuhkan obat untuk kembali ke kehidupan normal setiap kali serangannya datang.

Dan 5 hari terakhir saya mendapat serangan depresi yang nyaris tidak terdeteksi, karena yang menjerat saya bukanlah lubang hitam tak berdasar itu, tapi rasa lelah dan mengantuk dan hilangnya motivasi untuk melakukan segala sesuatu. Baru sadar setelah 2 hari tidak punya keinginan untuk makan atau masak, hanya surfing internet untuk site yang ga perlu. Depresi kali ini terpicu oleh stress.

Saya selalu takut untuk gagal, tapi karena takut gagal malah menghindari kenyataan dengan menghindari email. Parah banget. Sekarang mencoba bangkit lagi, sudah makan dan beres-beres apartemen. Harus memaksa diri untuk belanja kayaknya, menghirup udara luar.

Saya memang bandel, selalu mengatakan pada diri sendiri untuk mandiri dan melakukan segala sesuatu sendirian. Padahal berat tanpa ada dorongan seseorang yang membantu untuk bangkit. Tetapi siapa yang bisa saya andalkan? Kadang susah untuk mensyukuri berkahNya setiap hari setiap saat setiap detik. Kadang susah untuk tidak putus asa. Tapi juga saya tidak ingin mendengar ocehan orang mengajari saya karena pada dasarnya saya tahu semua kenyataan itu, hanya tidak mau menerima saja.

Ugh... ayo bangkit dan langkahkan kaki, bergerak sana!

No comments: