Saturday, February 19, 2011

Ayam goreng kering

Sejak disini kalau menggoreng saya selalu pakai canola oil, ga pake minyak sawit lagi. Apa minyaknya atau wajannya yang bikin gorengan sulit kemimpring? Apalagi untuk ayam, beneran kudu garing, supaya amisnya tidak kecium. Agak berhasil waktu ayamnya diungkep dulu, hanya ribet banget prosesnya. Hari ini saya coba taktik baru tu ayam dipotong-potong kecil dikasih garam merica, bawang putih bubuk, perasan jeruk lemon daaaannnnn.... tapioka. Dibiarkan selama beberapa menit, trus goreng deh. Hasilnya ok, tingkat kemimpringnya memenuhi harapan mulut saya...hahahahaha.... Dan ayam itu menjadi taburan untuk pasta pesto.

Biasanya saya bikin pasta cuma dengan saus tomat aja, pernah nyoba alfredo, aduh mak jan ga tahan dengan bau krimnya. Beberapa waktu yang lalu saya kenalan dengan pesto, dan suka banget. Creamy karena ada kacang dan keju, tapi basilnya sendiri menetralkan bau krim dari saus pesto. Pake pastanya jangan yang plain, tapi pasta bayam. Sip banget ijo dan ijo.... mungkin lebih ok lagi kalau pake sedikit tabasco, biar ada pedes-pedesnya...

Mulut saya memang membutuhkan yang pedas-pedas, walaupun ga doyan sambal. Aneh kan? Buat saya mau tinggal dimana saja, makanan tidak menjadi kendala. Ga pernah kangen sambal, laah di kampung sendiri aja kayaknya cuma saya yang selalu menyisakan sambal, cuma cocol-cocol dikit aja. Ga pernah kangen rujak, ga pernah kangen dengan baso. Dan yang penting punya nyali untuk nyoba makanan baru. Kalau ga dirasa enak, ya sud jangan pernah pesan lagi aja. Yang ga bisa saya makan itu cuma makanan yang tidak enak kok.

Dalam hal makan, otak saya punya database untuk berbagai rasa makanan, dan cukup sering saya bisa menebak satu rasa makanan asal tahu bahan-bahannya. Makanya saya sering merusak resep. Tambah itu, kurangi ini, disesuaikan dengan selera pribadi tentunya. Bahan makanan yang tidak bisa saya makan adalah daging yang bukan dari hewan ternak, istilahnya biar dibayar juga saya ga akan mau makan daging yang aneh-aneh. Nyoba aja ga mau, daging aneh itu termasuk daging kelinci, daging kuda dll. Mungkin saya akan bisa makan kalau tidak tau bahan yang dimasaknya.

Saya sekarang milih bilang alergi susu daripada ribet jelasin kenapa ga doyan susu, lebih mudah. Hehehehe... susu ditolak tapi keju, ice cream, yoghurt mah jalan terus. Menurut sahibul hikayat waktu bayi saya ketagihan susu. Sering demo dengan nangis ga berhenti sambil teriak-teriak "Husss ... husss (bahasa bayi saya untuk susu)" baru berenti kalau udah disodori susu. Mungkin karena kebanyakan susu makanya mulai kelas 3 SD badan saya ogah dengan susu. Tapi untung juga saya doyan susu waktu bayi, ngaruh ke tinggi badan. Dari kecil memang ada bakat memanjang ke atas juga. Disini aja tinggi saya masuk ke mean normal tinggi perempuan bule, bandingin ke temen-temen asia yang jauh lebih mungil.

Menurut saya salah satu keuntungan tinggal di LN adalah meningkatnya ketrampilan masak. Walaupun ga bisa digeneralisasi, jangan kata cowok, cewek aja ada yang cuma bisa ngerebus doang. Ada satu teman saya dari Afrika, yang sampai terkagum-kagum gitu dengan masakan saya... padahal saya ngasal aja tuh masaknya. Dia di negaranya memang ga pernah masak sama sekali. Ketrampilan dia masak sebanding dengan ketrampilan saya bermake-up... cuma saya kali yang ga pernah dandan ke pesta apapun juga.

Kemarin saya diundang ke satu acara untuk sharing pengalaman sama mahasiswa lokal. J yang jadi pengurus organisasi itu hadir juga. Saya sudah lama bisa menghapus perasaan ke J dan membuatnya netral. Dan sejak winter break kami nyaris ga pernah ngobrol lama lagi. Semester lalu ada acara mempererat hubungan mahasiswa international dan lokal juga sih. Waktu itu J milih meja deket dengan meja saya, tapi ga ngobrol sama sekali, walaupun saya juga udah berlaku ga peduli daripada nyakitin hati sendiri.

Tapi kemarin beda banget, kebetulan yang hadir pertama anak-anak indo semua, jadi ngobrolah saya dengan mereka. Ga tau kenapa si P (panitia misahin saya dari meja anak-anak indo). Karena belum ada orang maka kami ngobrol sama panitia salah satunya J sendiri. Hehehe... J hanya kenal dengan satu anak indo lagi. Dia nanya-nanya lah tentang indo sama kami semua, K yang sama-sama tahun kedua dengan J, malah bilang "sering liat tapi ga pernah kenalan lho." Dan J mau ga mau ngobrol lebih fokus ke K. Saya sendiri ujung-ujungnya ngobrol sama R temannya J dan kami saling membelakangi.

Awalnya saya cuma ambil minuman aja, soalnya malas antri ngambil makanan yang udah kayak ular naga panjangnya. Ketika acara mau mulai antrian udah mau habis, ya sud daripada disangka saya ga suka dengan makanan yang disajikan, sayapun ambil makanan. Selisihan sama J, dan dia nanya siapa yang duduk disebelah saya. Karena di kiri saya duduk anak yang belum saya kenal cuma jawab "I don't know". Tapi ternyata dia nanya sebelah kanan saya yang kosong. Hmmm...?

Sementara di meja lain ada mhs international lebih dari satu, saya sendirian ditambah lagi ga ada panitia satupun yang nemenin. Sialan, mesti ngoceh sendirian? Kesengajaan atau gimana nih? Walaupun memang J yang akhirnya menjadi fasilitator. Saya jadi curiga dia sengaja reserved di tempat saya. Dan kok pas banget ga ada yang duduk di sebelah saya.

Sejak dari awal acara J memang berkomunikasi dengan saya lewat bahasa tubuhnya. Angkat-angkat alislah, dll... waktu kenalan dia malah ngedebat waktu saya bilang anak tahun pertama.

"you're second year"
"first year" balas saya
"second year" dia ngotot
"first year" saya melotot
"it seem so long time since I know you"

hahahaha... jadi kamu juga merasa kita kenal udah lama ya? Untung perasaan saya udah hilang, kalau nggak kegeeran tahu.

Dan sempat sempatnya dia mau bawain desert segala... Tuhanku... kalau ga punya pengalaman pahit saya pasti udah kekelepekan. Gentle deh kamu, hahahaha... Ditambah lagi waktu mau angkat pant** karena ada anak under grad yang nyari info ke dia, dia malah nanya "udah mau pulang sekarang?"  Sepertinya dia berharap saya masih tinggal dan ngobrol dengan dia.

Terus terang saya bingung dengan kelakuannya J. Saya yakin sih sebenarnya kami saling suka. Kecocokan tingkat tinggi. Saya ga mau mencoba terlalu jauh, karena tahu dia sudah punya pacar dan sadar diri udah tua, yakin banget gap usia kami mungkin ada 10 tahun, biarpun tampang saya pasti nipu dia. Dia mungkin nganggap saya seumuran sama dia. Biasanya dia tidak terlalu menunjukan kedekatannya sama saya, kemarin seperti pengen orang pada tahu kalau dia dekat sama saya. huh...

Lelaki oh lelaki... kenapa ya pada saat kita tampaknya tidak available mereka seperti tertantang untuk ngejar? Fuhh... Dan saya sendiri kenapa ya suka banget flirt sama cowok, flirt yang ga berbahaya tentunya...kekekekeke...
  

No comments: