Thursday, January 14, 2010

Dasar tukang foto amatiran

Foto macro yg memperlihatkan hewan2 mungil maupun bunga dengan putik sarinya yg amat detil dengan bokeh yang aduhai membuat saya sangat berminat dengan foto macro. Lensa macro sudah dibeli, niatnya mau yg 100mm sayangnya hanya dapat yg 50mm. Untuk mendapatkan focus yg tepat lensa dgn 50 mm harus dengan step-out alias menjauh. Baru beneran ngerti dengan step out setelah pakai lensa itu. Itu kebodohan saya yg pertama.

Hasil foto macro saya lumayan, apalagi kalau ada di taman bunga... Wokeh deh hasilnya. Tapi ga bisa mendapat ukuran zoom yg saya cita2kan. Misalnya tidak bisa menghasilkan foto putik bunga yg diperbesar sekian kali. Boro2 mau memfoto matanya laba2. Kalau mau lebih dekat ga bisa shoot, tapi kalau jauh ga bisa macro yg ideal. Huh... Garuk-garuk kepala pake pisau.

Bolak-balik masuk ke blog2 yg menghasilkan foto makro dengan kamera 50mm, tetep ga ngerti2 penyebabnya. Dan hari ini kebodohan saya yg no 2 terungkap. Foto makro membutuhkan close up lens, extension tube dan teleconverter.... Huahahaha.... Begooo... Padahal waktu beli lensanya ditawarin extension tube....

Selama ini maunya ngebet dengan 100mm... Ah dasar amatiran... Dan satu hal lagi tampaknya lensa 70-200mm dgn IS USM adalah keharusan... Duh, mesti cek dan ricek tabungan nih.

A must satu lagi adalah tas kamera yg cukup besar. Maunya sih billingham, tapi yg saya incer harganya udah 3jt-an... Wedew, belum pernah sekalipun beli tas buat ngantor atau jalan di atas sejuta... Dan sekarang beli yang 3 juta??? Hahahaha... Kayaknya mesti puas dengan beli tas national geographic aja. Klo mau beli billingham ntar aja kalau fotonya udah bisa menghasilkan uang.

Semua kebodohan saya ada jawabannya di shutterfreaks.com. Sites itu beneran fotography for dummies deh. Seharusnya saya baca dulu site itu sebelum belanja lensa makro, jadi bisa belanja lengkap kan?

Penyakit belanja kumat deh. Tapi belum ada waktu ke jakarta lagi. Hmmm atau mencoba beli online sajahhhh???
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: